COMPUTER OPERATOR ASSISTANT

Computer Operator Assistant adalah Program Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang terbagi menjadi 7 unit kompetensi, yang diantaranya adalah :
1. Mengoperasikan Komputer
2. Mengoperasikan Sistem Operasi
3. Mengoperasikan Perangkat Lunak Pengolah Kata
4. Mengoperasikan Perangkat Lunak Presentasi
5. Mengoperasikan Perangkat Lunak Lembar Sebar
6. Mengelolah Dokumen PDF
7. Menyiapkan Printer dan Mencetak Dokumen

Adapun tujuan dari mempelajari materi Computer Operator Assistant ini adalah untuk memfasilitasi peserta latih sehingga pada akhir pelatihan nanti diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.  Mengoperasikan Komputer, yang meliputi :
 - Pengetahuan yang dibutuhkan dalam menyiapkan pra penyalaan komputer.
 - Menyiapkan pra penyalaan komputer.
 - Menyalakan komputer dan mengamati proses sistem aktivasi (booting) hingga selesai.
 - Mengoperasikan Komputer.
 - Mengenal jenis format file pada perangkat komputer beserta program pembukanya.
 - Mematikan komputer dan mengamati proses deaktivasi sistem operasi hingga selesai.
2.  Mengoperasikan Sistem Operasi, yang meliputi :
 - Mengubah tampilan komputer dengan fungsi personalize.
 - Mengecek spesifikasi komputer.
 - Menggunakan fungsi pengatur lanjutan panel kendali (Control Panel).
 - Membagi partisi harddisk dan mengubah Drive Letter.
 - Menginstal ulang sistem operasi Windows.
 - Menggunakan perintah-perintah sederhana Command Promp (CMD).
3.  Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata, yang meliputi :
 - Menyiapkan perangkat lunak pengolah kata.
 - Mengenali menu dan tools yang terdapat pada perangkat lunak pengolah kata.
 - Menggunakan fungsi editing sederhana seperti mengubah font, mengatur perataan teks, menggunakan fungsi header dan footer, serta page numbering.
 - Mengatur halaman kerja seperti mengatur batas penulisan, mengatur ukuran kertas, mengatur orientasi, dan membuat teks menjadi beberapa kolom.
 - Membuat tabel dengan menggunakan perangkat lunak pengolah kata.
 - Menggunakan fungsi tab menu Reference sebagai pembuat daftar isi otomatis dan teks penjelasan dari suatu gambar (caption).
 - Mencetak dokumen.
4.  Menggunakan Perangkat Lunak Presentasi, yang meliputi :
 - Mengenali menu dan tools yang terdapat pada perangkat lunak presentasi.
 - Menggunakan fungsi transisi sebagai animasi keluar dan masuk saat perpindahan slide.
 - Membuat gambar sederhana dengan menggunakan fungsi shape.
 - Menggunakan fungsi hyperlink dan action.
 - Menggunakan fungsi animasi Entrance, Emphasis, Exit, dan Motion Path.
 - Mangatur animasi berjalan dengan menggunakan fungsi Animation Pane.
 - Membuat video animasi sederhana dengan menggunakan perangkat lunak presentasi.
5.  Menggunakan Perangkat Lunak Lembar Sebar, yang meliputi :
 - Mengenali halaman kerja perangkat lunak lembar sebar
 - Melakukan pekerjaan dengan sel dan range seperti membuat tabel, menggabungkan sel, memberikan warna pada sel/range, membuat baris/kolom, menghapus baris/kolom, dan memberikan nama khusus pada sel/range.
 - Mengatur ukuran baris/kolom dengan menggunakan fungsi Format Cells.
 - Menggunakan fungsi pengurutan (sort) pada sel yang berisikan teks atau nilai
 - Mengubah format dari suatu sel nilai menjadi format yang lain seperti mata uang, tanggal, dan persen.
 - Menggunakan fungsi rumus untuk menyelesaikan perhitungan dan pengolahan data secara tepat dan cepat.
 - Mencetak dokumen.
6.  Mengelolah Dokumen PDF, yang meliputi :
 - Menyiapkan perangkat lunak pengolah dokumen PDF.
 - Mengubah dokumen PDF menjadi format dokumen yang lain seperti doc, docx, xls, xlsx, ppt, dan jpg.
 - Menggabungkan dan memisahkan dokumen PDF.
 - Mengedit halaman PDF seperti menambahkan karakter/gambar ke dalam dokumen.
7.  Menyiapkan Printer dan Mencetak Dokumen, yang meliputi :
 - Menginstal driver printer.
 - Menyiapkan dan mencetak dokumen.